Blog

Mengenal Fitur Auto Duplex Printing dan Cara Setting Printer Duplex

Mengenal Fitur Auto Duplex Printing dan Cara Setting Printer Duplex

Seringkali pada kardus printer ada istilah duplex printing, tetapi banyak yang belum memahaminya. Kali ini Hashka Solutindo akan membahas, apa sih arti dari istilah duplex printing itu?
definisi duplex printing sangatlah simple dan sederhana yaitu mencetak gambar atau tulisan di kedua sisi kertas. Mengapa disebut pencetakan duplex printing? Karna printer tertentu yang meiliki sistem duplex mengunakan unit duplex yang dapat membalikkan selembar kertas setelah sisi pertama telah dicetak.
Pada umumnya semua printer memiliki fitur yang membantu manual dupleks printing. Pencetakan dupleks manual pasti mengharuskan kita mendedikasikan waktu dan energi kita untuk membalikkan kertas. Apalagi jika dokumen yang akan dicetak jumlahnya sangat banyak. Namun kini produsen printer semakin banyak mengeluarkan produknya di pasaran yang memiliki fitur auto duplex printing.
Jadi dengan fitur auto duplex printing kita tidak perlu lagi membalikkan kertas secara manual agar dua sisi dalam setiap lembar dapat dicetak dalam satu perintah print, karena sudah ada fitur auto duplex printing yang akan otomatis mencetak dokumen pada dua sisi kertas sekaligus.

Dengan memanfaatkan fitur kemampuan mencetak di kedua sisi muka kertas kita dapat :

1.menghemat 50 persen jumlah kertas tentunya = 50 persen biaya kertas,
2.jika kertas kertas yang digunakan sedikit tentunya akan menghemat tempat berkas di meja atau lemari kerja kita
3.menghemat waktu mencetak karena dilakukan secara automatis
4.hasil cetakan terlihat seperti dilakukan oleh profesional percetakan
5.hemat kertas berarti cinta dan ramah lingkungan karena kertas dibuat menggunakan bahan pulp dari kayu hutan.


Untuk cara setting printer agar mencetak Duplex pada printer IP2770 adalah sebagai berikut :
1. Buka Sebuah Dokumen, Lalu Jalankan Perintah Print.
2. Pada Kotak Dialog Yang Muncul, klik tombol Properties

3. Setelah Muncul jendela baru, pilih tab Pengesetan Halaman (Dalam Bahasa Indonesia), Centang pilihan Pencetakan Duplex (x).

4. Klik Ok Dan lanjutkan Proses Pencetakan seperti biasa.


Untuk cara setting printer agar mencetak Duplex pada laserjet canon adalah sebagai berikut :
1.Pilih [Print] dari menu [File] dalam aplikasi. Pilih nama dan type printer, lalu klik [Properti]

2. Tampilkan lembar [Page Setup], kemudian dari [Ukuran Halaman], pilih ukuran dokumen yang telah Anda buat dengan aplikasi.

3. Tampilkan lembar [Finishing] dan pilih [2-sisi Printing] untuk [Print Style]

4. Tampilkan lembar [Paper Source], lalu pilih [Paper Source].Tentukan pengaturan yang sama dengan yang digunakan untuk [Sumber Kertas], meskipun pengaturan untuk [Sumber Kertas] berubah menjadi seperti [Halaman Pertama] atau [Halaman Lainnya] ketika [Pilihan Kertas] diatur ke selain dari [Kertas yang Sama untuk Semua Halaman].

5. Pilih jenis kertas yang anda ditentukan

6. Klik [OK] untuk menutup kotak dialog Properties.

7. Tahap terakhir klik [OK] untuk mulai mencetak.


Tetapi fungsi duplex pada printer sama halnya mencetak duasisi sekaligus dalam satu kertas, dalam arti ada proses yang membutuhkan tinta lebih, maka dari itu jika tinta inkjet anda habis tidak perlu kawatir. Klik disini untuk liat produk kami, jangan mempermasalhakan tentang harga karna Hashka Solutindo memberi promo untuk pembelian khusus. Customer Service kami akan memberikan daftar promonya

Related posts

Tinggalkan Balasan