tips dan trik agar printer kamu tidak cepat rusak
Blog

Printer anda cepat rusak? begini cara mengantisipasinya

Tips & Trik dari Hashka Solutindo

Agar Printer Kamu

Tidak Cepat Rusak

Printer merupakan suatu perangkat cetak yang sangat penting bagi kalangan masyarakat, terutama di berbagai kalangan pekerja, mahasiswa ,guru , hingga lembaga swasta maupun kembaga negara. Fungsi printer adalah mencetak hasil kerja pada komputer, tetapi terkadang  pengguna printer selalu mengabaikan perawatan printer sehingga sering sekali munculnya masalah printer yang mudah rusak.

Apakah kamu salah satu pengguna Printer  yang jarang merawat printer kamu sendiri? Jika iya, silahakan anda ubah kebiasaan buruk tersebut karna dapat merusak printer anda sendiri dan mulailah dengan merawat printer anda dengan cara simak point-point berikut ini

  1. Jangan sembarangan membuka khasing printer jika belum mahir.

Hal ini dilakukan agar terhindar dari kerusakan kecil dan kesalahan saat membuka dan memasang casing kembali ke awal.

  1. Hindari debu yang menempel dikertas, saat mengeprint.

Debu pada kertas bisa mengganggu dan menghambat roller printer yang biasanya menarik kertas ke dalam, bisa membuat macet.

  1. Ganti tinta jika sudah mau habis.

Tinta tak perlu diganti hingga habis banget, lihatlah kondisi volume tinta. Usahakan sebelum habis banget sudah terisi lagi.

  1. Hindari sentuhan tangan dengan catridge.

Sentuhan tangan pada catridge bisa memengaruhi aliran listrik statisnya. Sehingga catridge tak bisa bergerak lancar.

  1. Bersihkan printer secara berkala.

Sesuaikan saja dengan kepadatan penggunaan printermu, bisa seminggu sekali hingga sebulan sekali. Tergantung sesering apa printermu digunakan.

  1. Jangan menggunakan kertas yang kusut.

Kertas kusut bisa menjadi salah satu penyebab kemacetan, karena berhentinya roller printer. Ketidaksejajaran kertas karena kusut membuat perputaran roller jadi terhambat.

  1. Cek berkala tempat tinta.

Pengecekan ini untuk memastikan kebersihan, dan untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.

  1. Teratur menggunakannya.

Teratur dan tak sembarangan saat menggunakan printer, seperti menyusun kertas, dan juga menjaga printer tetap dalam kontrol dan perhatian kamu.

  1. Matikan printer jika tak digunakan.

Selain menghemat listrik, mematikan printer baik untuk mesin printer itu sendiri.

  1. Pintar memilih Cartridge Toner

Pilihlah Cartride Toner yang Original atau High Premium, jangan terpancing dengan harga cartridge murah yang ada di pasar online, karna dijamin cartridge murah itu berkualitas clone(tiruan)/tidak original, dampak penggunaan cartridge clone yaitu dapat menurunkan kualitas hasil cetak dan paling parahnya menyebabkan printer rusak karna dipaksanya mesin printer untuk bekerja dengan barang yang tidak sesuai dengannya

Related posts

Tinggalkan Balasan